Berita Terbaru :

Training Basic Passenger Handling [BPH]

Training Basic Passenger Handling [BPH] ditujukan bagi para station manager dan pimpinan dibawahnya yang berkaitan dengan operasional penanganan penumpang di bandara. Station Manager adalah biasanya perwakilan maskapai senior di bandara.
Menurut R. S. Damardjati dalam bukunya Istilah-Istilah Dunia Priwisata (2001 : 94) “Passengger adalah setiap orang yang diangkut maupun yang harus diangkut di dalam pesawat udara ataupun badan yang menyelenggarakan angkutan tersebut.”
Kata Passengger berasal dari bahasa Inggris. Arti Passengger menurut John M. Echols (2003 : 288) dalam Kamus Inggris Indonesia “Passengger adalah Penumpang”. Sedangkan menurut Muhammad Ali (2000 : 325) “Handling adalah penanganan”. Menurut Kamus Bahasa Indonesia (2001 : 1137) “Penanganan adalah proses, cara, perbuatan menangani”.
Menurut F. X. Widadi Adi Suwarno (2001 : 1) “Passengger Handling adalah penanganan atau pelayanan penumpang”. Dimana menurutnya rangkaian tata laksana penanganan atau pelayanan penumpang dapat diuraikan berdasarkan urutan sebagai berikut :
1) Reservation
Yaitu proses pemesanan tempat
2) Fare calculation
Yaitu sistem penghitungan tarif
3) Ticketing
Yaitu proses pembuatan dan penjualan ticket
4) Departure
Yaitu proses pelayanan keberangkatan penumpang di Bandar Udara
5) Inflight service
Yaitu proses pelayanan penumpang selama di perjalanan/di dalam pesawat
6) Transit/Transfer
Yaitu proses pelayanan penumpang di kota persinggahan
7) Arrival
Yaitu proses penanganan penumpang di Bandar udara kota tujuan.
Dari pengertian di atas maka dapat disimpulkan bahwa Passenger Handling adalah suatu tata cara atau proses dalam menangani atau melayani penumpang di suatu penerbangan mulai dari proses reservasi atau pemesanan tempat hingga penumpang tiba di tempat tujuan.
Share this article :

Posting Komentar

Booking.com
 
Support : Alat Berat | Mobil | Sepeda
Copyright © 2011. Pusat Pesawat Terbang - All Rights Reserved
Support by Info Kapal and by Dapur Kita
Proudly powered by Blogger