Berita Terbaru :

Lockheed C-5 Galaxy

Lockheed C-5 Galaxy adalah pesawat angkut militer besar sayap tinggi (high wing) yang dibangun oleh Lockheed . Lockheed C-5 Galaxy ini digunakan Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) dengan kemampuan airlift strategis antar-berbagai berat, yang dapat membawa kargo besar dan outsize, termasuk semua kargo udara. Galaxy memiliki banyak kesamaan dengan pendahulunya yang lebih kecil C-141 Starlifter, dan kemudian C-17 Globemaster . C-5 adalah salah satu pesawat militer terbesar di dunia.

C-5 Galaxy telah dioperasikan oleh USAF sejak tahun 1969. Pada waktu itu, telah digunakan untuk mendukung operasi militer AS di semua kontinjensi utama termasuk Vietnam , Irak , Yugoslavia dan Afghanistan , serta untuk mendukung sekutu, seperti Israel selama Perang Yom Kippur dan NATO dalam operasi Perang Teluk . C-5 juga telah digunakan untuk mendistribusikan bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana, dan mendukung program Space Shuttle AS yang dijalankan oleh NASA .

C-5 Galaxy awalnya mengalami perkembangan yang rumit dan diselimuti ketidakpastian, biaya pembuatannya membengkak signifikan dan Lockheed sangat mengalami kesulitan keuangan dalam membuat pesawat ini.Tak lama setelah C-5 Galaxy memasuki masa baktinya, retak dan patah banyak ditemukan, dan USAF akhirnya membatasi kemampuan angkut dan terbang C-5 sampai perbaikan dilakukan. Super C-5M Galaxy merupakan varian baru dari C-5 standar dengan mesin baru dan perangkat avionik modern yang dirancang untuk tetap bertahan hingga tahun 2040.
Share this article :

Posting Komentar

Booking.com
 
Support : Alat Berat | Mobil | Sepeda
Copyright © 2011. Pusat Pesawat Terbang - All Rights Reserved
Support by Info Kapal and by Dapur Kita
Proudly powered by Blogger