Berita Terbaru :

Bandara Baru Dibangun di Mentawai

Bandara baru direncanakan dibangun di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai Faisal Syarif, Selasa (10/5/2011), mengatakan, pemerintah pusat lewat Kementerian Perhubungan telah memastikan hal itu. 
Lokasi bandara baru itu direncanakan di Kecamatan Sipora Utara di Pulau Sipora. Faisal mengatakan, lahan tersebut dulunya merupakan bekas lokasi transmigrasi. 
"Tahun ini sudah disiapkan anggaran Rp 1 miliar untuk pembuatan masterplan. Tahun 2012 akan ada kepastian berapa anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunannya," kata Faisal. Ia menambahkan, bandara itu direncanakan memiliki landasan pacu sepanjang 1.800 meter. Selain bandara itu, kata Faisal, bandara milik perusahaan HPH PT Minas Pagai Lumber Corporation di Kecamatan Sikakap yang ada di Pulau Pagai Selatan juga akan diperbaiki. Adapula rencana membangun bandara lain di Pulau Siberut, Mentawai. 
Hingga saat ini Kabupaten Kepulauan Mentawai memiliki Bandara Rokot di Kecamatan Sipora. Deputi Direktur Yayasan Citra Mandiri Mentawai Frans R Siahaan mengatakan, yang lebih dibutuhkan di Mentawai sesungguhnya pelabuhan antarkecamatan. "Bandara itu bukan prioritas. Hingga saat ini saja Bandara Rokot tidak banyak digunakan masyarakat," kata Frans. 
Menurut Frans, selain pelabuhan antarkecamatan yang secara total ada di sepuluh titik, paling penting ialah membuat jalan lingkar antarpulau. Saat ini baru terdapat lima pelabuhan, yakni di Siberut Selatan (Pulau Siberut), Sikakap (Pulau Pagai Utara), Tuapejat (Pulau Sipora), Siberut Utara (Pulau Siberut), dan Sioban (Pulau Sipora).
Share this article :

Posting Komentar

Booking.com
 
Support : Alat Berat | Mobil | Sepeda
Copyright © 2011. Pusat Pesawat Terbang - All Rights Reserved
Support by Info Kapal and by Dapur Kita
Proudly powered by Blogger