Flight Operations Officer (atau biasa disingkat FOO). FOO adalah seseorang yang melaksanakan tugas sebagai operasi kontrol
penerbangan secara garis besar fungsi FOO dapat di bagi menjadi tiga
yaitu: Flight Dispatch, Operation Controller dan Flight Following. Untuk
lebih jelasnya fungsi ini di mulai dari persiapan sebelum penerbangan
seperti menghitung performance pesawat untuk menentukan batasan berat
pada saat tinggal landas maupun pada saat mendarat; menghitung
kesetimbangan pesawat agar pesawat tetap setimbang (menghitung Central
of Grafity ) dan mendapatkan pembakaran bahan bakar (fuel) yang paling
ekonomis; menganalisa cuaca di stasiun keberangkatan, alternate dan
kedatangan untuk memastikan cuaca di seluruh stasiun di atas kondisi
cuaca yang distandardkan oleh badan yang berwenang (weather above
minima); menganalisa Notice to Airman (NOTAM) untuk memastikan kondisi
seluruh stasiun dan sepanjang jalan penerbangan (en-route) tidak ada
yang significan mempengaruhi operasi penerbangan; merencanakan rute
penerbangan, ketinggian, stasiun alaternate, berat pesawat, bahan bakar
dan lain-lain berdasarkan analisa diatas; melakukan briefing ke pilot
sebelum penerbangan dilaksanakan; bersama-sama pilot menandatangani
dispach release sebagai tanda bahwa rencana penerbangan sudah aman
(safe), ekonomis , nyawan buat penumpang dan di sepakati kedua belah
pihak (mutual agreement) sebelum penerbangan di laksanakan; setelah
pesawat mengudara FOO juga memantau penerbangan untuk memberikan bantuan
ke pilot jika di perlukan serta memberikan informasi perkembangan cuaca
atau informasi penting lainnya yang berhubungan dengan penerbangan itu,
pematauan ini dilakukan terus menerus sampai pesawat mendarat dan misi
penerbangan dianggap selesai; setelah pesawat mendarat FOO akan
melakukan De-briefing dengan Pilot untuk mendapatkan informasi penting
sepanjang penerbangan sehingga bisa digunakan sebagai sumber data untuk
perencanaan penerbangan berikutnya. Untuk menjalankan tugasnya seorang
FOO harus mempunyai sertifikat tanda kecakapan (license) yang di
keluarkan oleh Direktorat Sertifikasi Kelaikan Udara (DSKU) dan diatur
dalam Peraturan Keselamatan Penerbangan (CASR) 121.
Persyaratan Umum
Untuk bisa menjadi seorang FOO menurut CASR ada beberapa sarat yang mesti di penuhi:
- Umur pada saat akan menjadi siswa FOO harus 21 tahun dan 23 tahun untuk mendapatkan sertifikat tanda kecakapan (License)
-
Harus bisa menunjukan kemampuan berbahasa inggris (lulus tes TOIEC) dan
Indonesia atau bahasa dimana pendidikan itu dilaksanakan.
- Lulus tes kesehatan (medical examination)
Persyaratan Pengetahuan
Seorang calon FOO harus lulus tes pengetahuan antara lain:
- Air Law dan Rule & Regulation
- Meteorology
- Mengetahui cara untuk mengumpulkan, menyebarkan, menafsirkan dan menggunakan informasi cuaca dan NOTAM
- Mengetahui cara menginterprestasi dan menggunakan Weather charts, maps, forecast, sequence reports, abbreviations, and symbols
- Fungsi dari National Weather Service
- Priciples of air navigation
- Air Traffic Services
- Search & Rescue
- Aeronautical Information Services
- Aerodrome
- Aeroplane Instrument
- Radio aids to air navigation
- Aerodynamics
- Weight and Balance
- Dangerous Goods
- Aviation Security
- Flight Performance calculation
- Human Factor (DRM)
- Operational Procedures
- Emergency Procedures
Persyaratan Kecakapan
Seorang calon FOO harus dapat menunjukan kecakapannya antara lain:
-
Membuat suatu analisa cuaca secara operasional yang bisa diterima dan
akurat dari laporan harian cuaca dan peta cuaca yang dilaporkan oleh MET
Office; melakukan suatu pengarahan singkat kondisi cuaca yang berlaku
di sekitar rute yang di lalui; meramalkan kecenderungan cuaca yang
berkaitan dengan penerbangan itu serta memastikan lebih tinggi dari
acuan tertentu di airport tujuan maupun alternate
- Menentukan jalur penerbangan yang optimum untuk segmen tertentu dan menyusun manual dan/ atau computer flight plan yang akurat
-
Melakukan pengawasan operasi dan memberikan bantuan ketika penerbangan
menghadapi cuaca buruk baik pada saat operasi penerbangan di laksanakan
atau pada saat simulasi perencanaan penerbangan sesuai dengan
tugas-tugas pemegang FOO License.
Untuk menjaga kecapannya
seorang pemegang FOO License harus melakukan Recurrent dan Proficiency
Check; Route Familiarization Flight; Dangerous Good; Aviation Security;
Medical Examination dan Dispatch Resource Management setiap 12 bulan
sekali;
Peran FOO Sangat Strategis
Di tinjau dari fungsi
diatas peran FOO sangat strategis di bisnis penerbangan karena FOO yang
professional akan melakukan tugas dan mengembangkan kemampuannya untuk
melakukan trobosan dalam rangka penghematan biaya operasional seperti:
- membuat rute yang paling pendek
- menentukan alternate yang tidak terlalu jauh dari tujuan (The nearest alternate)
- menentukan C of G yang tepat sehingga mengurangi konsumsi bahan bakar
-
Merencanakan penerbangan Extended Twin Engine Operation (ETOPs)
sehingga penerbangan yang seharusnya melintas beberapa airport sehingga
jarak tempuhnya jauh bisa di persingkat.
- Merencanakan penerbangan
dengan re-dispatch model yang bertujuan mengurangi bahan bakar untuk
menaikkan muatan yang mengahasilkan uang (payload) secara aman dan
sesuai dengan peraturan
- Memastikan ketepatan operasi penerbangan/ Ontime Performance (OTP)
- Memastikan rencana operasi penerbangan bisa dijalankan secara aman dan ekonomis
Dengan
mempertimbangkan begitu strategisnya fungsi FOO dan besarnya biaya yang
harus di keluarkan untuk menjadikan seseorang menjadi FOO yang
profesional beberapa perusahaan penerbangan mempersyaratkan kepala
station harus memegang FOO license yang valid.
Dari rekomendasi
praktis beberapa badan dunia, fungsi FOO harus di atur secara sistmatis
dan selalu di audit baik dokumentasi dari aturan itu maupun
implementasinya dan hal ini pula yang menyebabkan profesi FOO diakui di
dunia bahkan ada forum internasionalnya yang didirikan sejak tahun 1961
yaitu International Federation of Airline Dispatchers Association
(IFALDA http://www.ifalda.com) yang merupakan forum international bagi
Aircraft Dispatcher/ Flight Operations Officer dimana anggotanya hampir
ada di seluruh dunia.
Untuk itu profesi FOO patut dipertimbangkan
untuk di jadikan pilihan profesi mengingat sangat strategisnya fungsi
ini dan memungkinkan bisa kerja di luar negeri. (NS)
Posting Komentar