Berita Terbaru :

British Aerospace ATP

British Aerospace ATP adalah sebuah pesawat penumpang yang diproduksi oleh British Aerospace, dirancang sebagai evolusi dari Hawker Siddeley HS 748. Krisi bahan bakar dan meningkatnya kekhawatiran akan tingkat kebisingan pesawat membuat perencana bisnis di British Aerospace percaya bahwa kebutuhan pasar saat itu adalah pesawat turboprop jarak pendek, rendah kebisingan, dan hemat bahan bakar. Saat pesawat memasuki pasar, segmen ini telah diisi oleh beberapa rancangan seperti de Havilland Canada Dash 8 dan ATR 42, dan produksi dihentikan setelah hanya 64 pesawat yang dibangun.

Varian
Beberapa varian ATP yang direncanakan dan diproduksi untuk kepentingan sipil dan militer:

Jetstream 61
British Aerospace Jetstream 61 merupakan turunan perbaikan dari ATP. Pesawat ini dilengkapi dengan interior yang berbasis pada Jetstream 41 dengan sandaran tangan di dinding kabin yang inovatif, dan peningkatan kapaitas dari semula 64-70 penumpang. Sebagai tambahan pesawat ini dilengkapi dengan mesin PW127 dan penambahan berat dan jarak tempuh.

Penerbangan perdana diselesaikan dengan menggunakan prototip pertama dari ATP (nomor seri 2001) dengan nomor registrasi baru G-PLXI (LXI merupakan angka romawi dari 61) pada 10 Mei 1994. Empat kerangkan pesawt telah dibuat sebagai Jetstream 61 (2064–2067) sebelum divisi operasi regional dari British Aerospace digabungkan dengan ATR pada 26 Januari 1995. Dengan pesawat ATR72 yang sebelumnya telah dikenal sangat sukses namun berada di dalam pasar yang sama dengan Jetstream 61, maka produksi Jetstream segera dihentikan dan keempat kerangka pesawat yang sudah dibangun dibongkar lagi di Woodford.
Prototip asli dari ATP dan Jetstream 61 saat ini disimpan di Woodford menunggu pemindahan ke Jetstream Club di Liverpool.

ATP Maritim
Ini adalah varian yang digunakan untuk operasi militer angkatan laut, dengan sebuah radar pengamatan di bawah lambung depan, FLIR di bagian hidung, dan pemancar sonar. Sebuah ruang untuk awak operasi khusus juga disediakan, bersama juga pilihan untuk menempatkan senjata di enam tempat di bagian sayap dan lambung. ATP Maritim kemudian dikenal sebagai BAe P.132. Tidak ada yang dibangun.

ATP-AEW
AEW adalah proposal yang diajukan pada tahun 1986 kepada Australia sebagai pesawat Peringatan DIni Lintas Udara, dengan dua radar EMI Skymaster di bagian hidung dan rongga di ekor, sama dengan Nimrod AEW.3. Tidak ada yang dibangun.
Share this article :

Posting Komentar

Booking.com
 
Support : Alat Berat | Mobil | Sepeda
Copyright © 2011. Pusat Pesawat Terbang - All Rights Reserved
Support by Info Kapal and by Dapur Kita
Proudly powered by Blogger